Mengenal Idling Stop, Teknologi Hemat Bahan Bakar dan Ramah Lingkungan

Idling stop system berfungsi untuk menghentikan konsumsi bahan bakar saat motor sedang berhenti sehingga hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated

Apakah kamu ingin berkendara dengan sepeda motor dengan rasa nyaman? Bila demikian, saatnya menggunakan motor yang memiliki fitur idling stop. Selain nyaman, teknologi idling stop memungkinkan motor matic lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Sepeda motor masih menjadi salah satu pilihan utama sebagian besar masyarakat untuk berkendara. Selain harganya relatif lebih murah dibandingkan mobil, sepeda motor lebih fleksibel untuk dibawa berkendara di jalan raya maupun melintas di gang-gang sempit.

Berkendara dengan rasa nyaman tentu hal yang diharapkan semua pengendara sepeda motor. Dibandingkan kendaraan roda empat, sepeda motor memang lebih rentan dengan berbagai isu keamanan.

Nah, mengendarai sepeda motor yang dilengkapi fitur dengan teknologi canggih bisa menjadi solusinya. Salah satu fitur canggih pada sepeda motor adalah idling stop system.

Apa Itu Fitur Idling Stop pada Sepeda Motor

fungsi idling stop system

Idling stop system atau ISS adalah salah satu fitur canggih yang banyak ditemukan pada sepeda motor matik modern. Bagi pemilik motor yang kendaraannya telah didukung fitur idling stop, pasti sudah tahu apa itu idling stop.

Skuter dengan sistem idling stop dikembangkan dengan tujuan untuk meningkatkan kenyamanan berkendara dan perlindungan lingkungan.

Biasanya setelah kita menghidupkan mesin, mesin akan terus mengonsumsi bahan bakar hingga kita mematikannya. Teknologi idling stop berfungsi untuk mematikan mesin secara otomatis saat sepeda motor berhenti sejenak, misalnya saat berhenti di lampu merah atau terjebak macet sehingga menghilangkan konsumsi bahan bakar yang boros.

Namun tahukah kamu bila fitur idling stop memberikan manfaat lain? Yap, idling stop juga merupakan fitur yang berguna untuk menghemat bahan bakar motor kamu.

Cara Kerja Teknologi Idling Stop

Teknologi Idling Stop bekerja sebagai sebagai sebuah sistem. Sistem ini terdiri dari sensor sinyal listrik, indikator, ECU dengan CDI internal, dan starter ACG. ACG-starter mempunyai fungsi sebagai generator dan starter.

Konsep awal cara kerja idling stop yaitu ECU mendeteksi sinyal kemudian memerintahkan idling stop saat di pemberhentian skuter berikutnya.

Jadi kira-kira cara kerja sistem idling stop yaitu sebagai berikut. Mesin dihidupkan dengan menekan tombol start terlebih dahulu, sama seperti skuter biasa. ECU mendeteksi sinyal ketika kecepatan kendaraan pertama kali melebihi 10 km/jam dan suhu air pendingin melebihi 50°C, dan kemudian memerintahkan idling-stop untuk penghentian skuter berikutnya.

Saat skuter berhenti, throttle tertutup penuh dan pengendara duduk, ECU menghentikan pengapian. Pengapian berhenti tiga detik setelah skuter berhenti. Selama idling stop, indikator standby berkedip.

Intinya, fitur idling stop memungkinkan terjadinya penghentian pengapian saat motor berhenti setelah 3 detik. Jadi setelah waktu 3 detik tersebut, mesin motor matic akan stop bekerja. Namun lampu indikator idling stop tetap standby.

Lalu bagaimana untuk menyalakannya kembali? Sangat mudah. Saat pengendara siap berangkat, cukup putar pegangan throttle dan langsung menyala kembali.

Menurut Honda, salah satu syarat agar sistem dapat beroperasi adalah temperatur cairan pendingin mesin harus melebihi 60˚C.

Selain itu posisi Idling stop switch berada pada posisi Idle Stop sehingga kita dapat mengatur apakah ISS digunakan atau tidak. Suhu mesin juga harus diatas 60°C agar saat kita memanaskan mesin, mesin tidak mati. Dan motor telah berjalan dengan kecepatan minimal 10 km/jam.

Fungsi Idling Stop System Pada Sepeda Motor

Sepeda motor matic yang sudah menggunakan teknologi Idling Stop System menawarkan sejumlah keunggulan dibandingkan motor yang belum menggunakan fitur ini.

Salah satu kelebihan sistem idling stop yaitu konsumsi bahan bakar dan emisi CO 2 berkurang dengan mengadopsi sistem idling stop ini. CO dan HC dapat dikurangi tanpa sistem pengendalian emisi tambahan.

Keunggulan idling stop lainnya yaitu pengendara merasa lebih nyaman karena tidak ada getaran dan kebisingan saat berhenti.

Idling System Stop Vario 150 Ramah Lingkungan

Idling stop system telah digunakan pada berbagai jenis kendaraan roda dua terutama matic. Salah satu motor matic yang memiliki fitur idling stop system yaitu varian Honda Vario 150.

Honda Vario 150 merupakan motor matic yang sepenuhnya telah menggunakan panel digital, serta menggunakan bohlam LED sebagai sistem pencahayaannya.

Adanya Smart Key System, yaitu sebuah sistem yang bisa mengoperasikan kunci setang maupun pengaktifan mesin, menyebabkan engguna Vario 150 tidak lagi harus menggunakan kunci mekanis untuk mengaktifkannya.

Salah satu yang menarik dari motor Honda Vario 150 adalah menggunakan mesin eSP yang satu paket dengan ECG Starter dan telah disupport dengan teknologi Idling Stop System. Selain itu, motor Vario 150 memiliki mesin 150 cc 4 tak dengan pasokan bahan bakar injeksi.

Kombinasi mesin eSP denga ECG starter plus ISS (idling stop system) tidak hanya menyebabkan Vario 150 hemat bahan bakar namun juga lebih ramah lingkungan.

Sejumlah varian Honda Vario 150 kini mudah didapatkan. Kamu dapat mengunjungi dealer dan showroom Honda terdekat, kamu bisa memiliki motor Vario 150 terbaru.

Namun bila memilih opsi Honda Vario 150 second, kamu bisa mencarinya di OLX, sebuah marketplace populer untuk membeli sepeda motor second berkualitas berikut aksesorisnya.

Di OLX kamu mudah mendapatkan berbagai jenis motor Vario 150 second berkualitas dengan harga bersaing.

Getting Info...

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.