Penyebab dan Cara Mengatasi Website Loading Lemot Agar Lebih Cepat

Penyebab Loading Blog Lemot - Kecepatan loading blog merupakan salah satu indikator performa blog. Mengoptimasi loading blog agar waktu loadingnya singkat akan membuat robot Google lebih mudah menemukannya sesuai algoritma Google saat ini.

Hubungan performa blog dan SEO sangat erat terutama agar visitor blog meningkat dan blog mudah ditemukan di Google Search Engine.

Meskipun konten tetap menjadi indikator utama blog berkualitas, namun ada faktor lain selain konten berkualitas yang mempengaruhi sebuah blog bisa tampil di halaman pertama Google, salah satunya yaitu kecepatan loading blog.

Baca Juga : Kriteria Template Blog SEO Fast Loading Responsive

Apa Itu Kecepatan Loading Blog Atau Website

blog lambat loading

Kecepatan loading atau speed loading blog dapat diartikan sebagai kecepatan sebuah blog saat diakses di internet dan waktu yang dibutuhkan server untuk membuka halaman yang dituju secara utuh (full page). Mengukur kecepatan loading blog atau website bisa dilakukan di sejumlah situs :

  1. Cek kecepatan loading blog kamu di GTMetrix.
  2. Cek kecepatan loading blog kamu di Google Pagespeed Insights.

Performa blog yang baik bila diukur dari aspek speed loading adalah skor 90 ke atas baik pada halaman homepage maupun halaman postingan. Pada GTMetrix dan Google Pagespeed Insight indikator performa blog dengan kecepatan loading yang bagus ditunjukkan dengan warna hijau.

Namun seringkali sebuah blog membutuhkan waktu lama ketika diakses di laptop. Mengapa loading blog lemot ketika internetan ?

Baca Juga : Cek Skor SEO di SEO Checker Neil Patel.

Penyebab Loading Blog Lambat

Setelah mengetahui skor pagespeed loading blog di GTMetrix dan Google PageSpeedInsight, kita akan disajikan berbagai item atau aspek yang mengalami masalah sehingga loading blog membutuhkan waktu yang lebih lama.

4 hal utama yang menjadi penyebab website lambat loading dan lama diakses ketika internetan di perangkat sehingga harus dioptimasi adalah :

  1. CSS & HTML
  2. Javascript Berlebihan
  3. Ukuran Gambar/Image terlalu besar
  4. Kualitas dan performa server dan hosting

Mengapa Google Merekomendasikan Blog Yang Cepat Loadingnya di Halaman 1 Search Engine ?

Agar performa blog atau website meningkat dengan waktu loading yang lebih singkat maka melakukan optimasi sangat diperlukan. Selain memenuhi standar SEO terbaru Google, visitor juga lebih menyukai blog yang cepat waktu muatnya.

Dari berbagai referensi diketahui bahwa website dan blog yang lambat loadingnya akan lebih cepat ditinggalkan visitor, dan mungkin tidak akan kembali lagi ke blog tersebut. Itulah mengapa blog dengan waktu muat yang singkat sangat direkomendasikan oleh Google dan memprioritaskannya di halaman terdepan hasil pencarian Google Search Engine.

Cara Mengatasi Blog Lambat Loading

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa kecepatan loading blog dan waktu muat halaman artikel sangat mempengaruhi nilai Google Pagespeed dan GTMetrix.

Semakin tinggi skor hasil uji kecepatan blog di Google Pagespeed dan GTMetrix mengartikan bahwa kecepatan loading halaman website juga tinggi dan waktu muat menjadi lebih ringkas.

Agar masalah kecepatan loading blog yang lambat bisa diatasi anda perlu melakukan cara otpimasi kecepatan loading blog berikut.

Mengatasi Loading Blog Lambat Karena CSS & HTML

Saat mengukur kecepatan loading, GTMetrix dan sejenisnya akan membaca struktur template dan kode-kode penyusunnya serta kode pemanggil. Umumnya permasalahan loading yang lama pada blog yang disebabkan oleh penggunaan kode CSS dan HTML antara lain terdapat eksternal CSS/HTML dan atau inline CSS, menggunakan CSS/HTML yang tidak perlu karena akan menimbulkan render blocking resources sehingga membuat proses loading blog jadi lebih lama. Penyebab lainnya yaitu terdapat duplikat CSS/HTML.

Cara Mengatasi Masalah Loading Blog Akibat Inline CSS/HTML

Agar proses loading blog jadi lebih cepat dan menghemat waktu loading, maka sangat direkomendasikan untuk meminifikasi/memampatkan kode-kode tersebut dengan melakukan CSS Minify dan HTML Minify. Selain meminifikasi CSS dan HTML juga direkomendasikan untuk mengkombinasikan eksternal CSS dan internal CSS serta menghindari penggunaan eksternal CSS/HTML.

Mengatasi Blog Yang Lama Loading Akibat Javascript

Penyebab loading blog yang lambat bukan hanya disebabkan oleh CSS dan HTML saja, tetapi juga penggunaan javascript. Seperti halnya kode CSS dan kode HTML, kode javascript sering digunakan oleh website maker untuk menjalankan fungsi-fungsi tertentu pada blog. Tidak jarang kode-kode dengan ekstensi dot js (.js) ini disimpan di berbagai sumber lain selain blog/website kita (eksternal source). Justru ini akan menyebabkan blog jadi lebih lama loadingnya karena server harus mengakses dulu sumber penyimpanannya dan berakibat munculnya HTTP Requests.

Selain menambah waktu lebih lama saat mengunjungi tempat asal penyimpanan kode JS dan HTTP Requests, blog juga mengalami loading lebih lama untuk membaca kode yang diparsing (saat melakukan kompres javascript).

Menghapus Javascript Yang Memperlambat Waktu Pemuatan Blog

Untuk mengatasi masalah speed loading yang lambat akibat inline javascript atau eksternal resource sangat direkomendasikan untuk menyimpannya di satu sumber saja sehingga server tidak menghabiskan waktu 'berkeliling' atau mengakses banyak sumber.

Mengurangi Waktu Loading Blog Karena Gambar/Image

Gambar atau image memberikan kesan menarik pada blog, namun bila menggunakan ukuran yang tidak tepat justru membuat loading blog jadi terasa lebih lama. Memasukkan gambar dengan dimensi atau ukuran besar akan membuat server lebih lama membuka halaman secara full.

Selain masalah ukuran, penggunaan image tanpa identitas menyebabkan blog jadi lebih lama terbuka utuh.

Kompres Image/Thumbnail Agar Tidak Memakan Waktu Loading

Sangat direkomendasikan untuk menggunakan gambar berukuran kecil, misalnya 30kb ke bawah. Kalau lebih dari situ kamu bisa memampatkan atau mengompressnya terlebih dahulu menggunakan image converter online seperti PNG Converter dsb, atau melalui software photo editor.

Solusi lainnya adalah dengan menambahkan tag 'Alt' dan 'Src' pada setiap gambar baik di homepage maupun di postingan.

Nah, itulah beberapa penyebab speed loading yang lambat pada blog. Agar kita ketahui bersama bahwa semakin cepat waktu loading blog mengindikasikan performa blog tersebut tergolong mumpuni.