Faktor Yang Mempengaruhi Blog Speed dan Performa Blog

08 Juni
Penyebab Speed Loading Blog Lambat Serta Cara Mengatasinya - Apakah performa blog kamu sudah dirasa sangat baik ? Salah satu indikator performa blog adalah kecepatan loading. Ada begitu banyak faktor yang mempengaruhi speed loading blog. Kamu bisa cari tahu skor kecepatan loading blog, dan perhatikan apakah skornya meyakinkan atau tidak.

Google belakangan ini terus melakukan update algoritma. Salah satu aspek yang menjadi sorotan adalah speed loading alias kecepatan loading blog. Berdasarkan pengalaman saya beberapa bulan terakhir sejak akhir 2018 lalu khususnya awal tahun 2019 membuktikan bahwa faktor kecepatan loading blog benar-benar jadi prioritas Google memenangkan persaingan di halaman satu pencarian Google. Dengan kata lain Google sangat menyukai konten yang berasal dari blog yang kecepatan loadingnya tinggi (fast loading).

Pentingnya Memaksimalkan Waktu Loading Blog

Lalu apakah faktor SEO dihilangkan ? Tentu saja tidak. Hubungan performa blog dengan SEO sangat erat khususnya di mata search engine serta dalam hubungannya terhadap visitor blog yang murni dari mesin pencari. Dalam persepsi saya, SEO terbaru justru mengalami perkembangan seturut dengan berkembangnya algoritma yang dimaksud.

Konten tetap jadi raja, namun ada faktor lain selain konten SEO sehingga sebuah url muncul di halaman pertama Google. Apa itu ? jawabnya adalah waktu loading template blog. Soal template ini sebelumnya pernah saya bahas di artikel lain.

Baca Juga : Kriteria Template Blog SEO Fast Loading Responsive

Cara Meningkatkan Performa Blog

Cara Cek Kecepatan dan Waktu Loading Blog

Kembali ke soal performa blog, agar mengetahui apakah template blog kamu punya speed loading yang sangat meyakinkan atau sebaliknya adalah dengan mengukurnya. Speed loading blog dapat diartikan sebagai kecepatan yang dimiliki sebuah blog saat diakses menggunakan melalui internet dan waktu yang dibutuhkan server untuk membuka halaman yang dituju secara utuh (full page).

Mengukur kecepatan loading blog atau website bisa dilakukan di sejumlah situs. Nah, kalau saya biasanya mengukur kecepatan blog di situs GTMetrix dan Google PageSpeedInsight.

Cek kecepatan loading blog kamu di GTMetrix.
Cek kecepatan loading blog kamu di Google Pagespeed Insights.

Bagaimana hasilnya ? Apakah skor kecepatan loadingnya di atas 90 (skor A) , atau malah di bawah 70 (skor D) ?

Kebanyakan blogger sangat bangga bila skor kecepatan loading pada homepage blog mencapai 90 ke atas. Tapi bagaimana dengan kecepatan loading halaman artikel blog ?

Menurut saya, performa blog yang baik bila diukur dari aspek speed loading adalah skor 90 ke atas baik pada halaman homepage maupun halaman postingan. Kenapa demikian ? Alasannya sederhana. Ketika orang mengetik kata kunci tertentu, yang ditampilkan Google adalah URL halaman postingan, bukan halaman homepage. Selain itu Google juga mulai memprioritaskan pencarian via mobile.

Itu artinya skor kecepatan loading blog baik pada homepage maupun url postingan pada versi desktop dan versi mobile setidaknya sama-sama di atas 90. Bahkan bila perlu 100/100 (100 versi desktop dan 100 versi mobile), meskipun pada sebagian blogger skor 75/100 sudah dianggap lumayan.

Lalu, apa saja sih yang mempengaruhi kecepatan loading blog ? Atau pertanyaannya bisa begini : apa saja aspek-aspek yang perlu diperhatikan dan harus dioptimasi agar blog benar-benar punya skor kecepatan loading tinggi di GT Metrix atau di Google Speed Insight ? Tahukah anda bahwa mengoptimasi site speed adalah cara ampuh menaikkan skor SEO ? Kalau tidak percaya, coba cek skor SEO kamu dan pahami hasil auditnya.

Baca Juga : Cek Skor SEO di SEO Checker Neil Patel.

Penyebab Loading Blog Lambat Dan Cara Mengatasinya

Setelah mengetahui skor pagespeed loading blog di GTMetrix dan Google PageSpeedInsight, kita akan disajikan berbagai item atau aspek yang mengalami masalah sehingga loading blog membutuhkan waktu yang lebih lama.

Dari aspek-aspek tersebut yang menjadi perhatian utama untuk dioptimasikan yaitu pada berikut ini.

1. Masalah Loading Blog Lambat Karena CSS & HTML

Saat mengukur kecepatan loading, GTMetrix dan sejenisnya akan membaca struktur template dan kode-kode penyusunnya serta kode pemanggil. Umumnya permasalahan loading yang lama pada blog yang disebabkan oleh penggunaan kode CSS dan HTML antara lain terdapat eksternal CSS/HTML dan atau inline CSS, menggunakan CSS/HTML yang tidak perlu karena akan menimbulkan render blocking resources sehingga membuat proses loading blog jadi lebih lama. Penyebab lainnya yaitu terdapat duplikat CSS/HTML.

Cara Mengatasi Masalah Loading Blog Akibat Inline CSS/HTML

Agar proses loading blog jadi lebih cepat dan menghemat waktu loading, maka sangat direkomendasikan untuk meminifikasi/memampatkan kode-kode tersebut dengan melakukan CSS Minify dan HTML Minify. Selain meminifikasi CSS dan HTML juga direkomendasikan untuk mengkombinasikan eksternal CSS dan internal CSS serta menghindari penggunaan eksternal CSS/HTML.

2. Loading Blog Lambat Karena Akibat Javascript 

Penyebab loading blog yang lambat bukan hanya disebabkan oleh CSS dan HTML saja, tetapi juga penggunaan javascript. Seperti halnya kode CSS dan kode HTML, kode javascript sering digunakan oleh website maker untuk menjalankan fungsi-fungsi tertentu pada blog. Tidak jarang kode-kode dengan ekstensi dot js (.js) ini disimpan di berbagai sumber lain selain blog/website kita (eksternal source). Justru ini akan menyebabkan blog jadi lebih lama loadingnya karena server harus mengakses dulu sumber penyimpanannya dan berakibat munculnya HTTP Requests.

Selain menambah waktu lebih lama saat mengunjungi tempat asal penyimpanan kode JS dan HTTP Requests, blog juga mengalami loading lebih lama untuk membaca kode yang diparsing (saat melakukan kompres javascript).

Solusi Mengatasi Masalah Speed Loading Karena Javascript

Untuk mengatasi masalah speed loading yang lambat akibat inline javascript atau eksternal resource sangat direkomendasikan untuk menyimpannya di satu sumber saja sehingga server tidak menghabiskan waktu 'berkeliling' atau mengakses banyak sumber.

3. Waktu Loading Blog Lambat Karena Gambar/Image

Gambar atau image memberikan kesan menarik pada blog, namun bila menggunakan ukuran yang tidak tepat justru membuat loading blog jadi terasa lebih lama. Memasukkan gambar dengan dimensi atau ukuran besar akan membuat server lebih lama membuka halaman secara full.

Selain masalah ukuran, penggunaan image tanpa identitas menyebabkan blog jadi lebih lama terbuka utuh.

Solusi Mengatasi Kecepatan Loading Website/Blog Karena Image/Thumbnail

Sangat direkomendasikan untuk menggunakan gambar berukuran kecil, misalnya 30kb ke bawah. Kalau lebih dari situ kamu bisa memampatkan atau mengompressnya terlebih dahulu menggunakan image converter online seperti PNG Converter dsb, atau melalui software photo editor.

Solusi lainnya adalah dengan menambahkan tag 'Alt' dan 'Src' pada setiap gambar baik di homepage maupun di postingan.

Nah, itulah beberapa penyebab speed loading yang lambat pada blog. Agar kita ketahui bersama bahwa semakin cepat waktu loading blog mengindikasikan performa blog tersebut tergolong mumpuni. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »