7 Kriteria Blog Yang Templatenya SEO Friendly

01 Maret
Googelio.com - Setiap mendengar kata SEO apa yang sobat pikirkan ? SEO adalah istilah yang umum di dunia Blogger. Bagi saya, SEO itu adalah 'resep' agar konten (dalam hal ini artikel) Blog bisa bersaing dan menduduki beranda terdepan halaman pencarian atau Google 1st Page. Salah satu trik agar konten menjadi menarik di mata mesin pencari adalah blogging menggunakan template SEO.


Apa itu SEO ? Setahu saya belum ada definisi baku tentang arti SEO. Saya juga belum paham betul tentang SEO, tapi istilah SEO menurut saya simpelnya adalah bagaimana agar kata kunci yang dibidik bisa bersaing dengan konten-konten dari website lainnya dan punya kedudukan tertentu di halaman pencarian search engine serta mendatangkan visitor, dalam hal ini adalah Google 1st Page alias Google Page One. Lebih lengkap mendatangkan visitor murni, baca Cara Meningkatkan Traffic Murni dari Google.

Template Blog Yang SEO Friendly

Menduduki halaman 1 di mesin pencari seperti Google adalah kebanggaan tersendiri bagi para Blogger, sehingga untuk masuk dalam halaman paling awal di mesin pencarian tersebut Blogger melakukan banyak trik, Salah satunya yaitu dengan memodifikasi template blog.

Apa itu template blog ? Template blog selalu berhubungan dengan rancangan (desain) tampilan blog dan pola yang akan menampilkan tata letak (lay out) secara konsisten. Format lay out akan tetap muncul di semua halaman konten blog.

Namun cukup banyak kejadian dimana blogger mengedit template Blogspot atau Wordpress-nya secara berlebihan sehingga hasilnya bukanlah template yang SEO friendly malah kontennya tidak terindeks. Tidak jarang pula Blogger yang masih awam dengan istilah SEO dan coding, begitu mendengar kata template SEO gratis langsung mendownload dan memasangnya tanpa mengetahui apakah struktur dan tag heading-nya sudah memenuhi kaidah standar sebuah website.

ciri template Blog yang SEO friendly


Agar sobat lebih bijak memilih sebelum memakai template blog yang ramah mesin pencari saat blogging, template blog yang SEO friendly dan mudah masuk halaman pertama Google adalah yang memenuhi syarat-syarat berikut ini :

1. Struktur Template Rapi Punya Tag Heading dan Meta Tag 

Khususnya bagi Blogger yang awam dengan coding juga pasti masing bingung dengan istilah tag heading (H1, H2, H3, H4, H5, H6). Padahal keberadaan tag heading dalam struktur blog punya pengaruh besar terhadap robot web master di mesin pencari.

Hal utama yang sangat diperhatikan dalam persoalan tag dan meta adalah meta tag title berikut tag H1, H2 terbaca oleh robot penelusuran. Menurut saya, template yang SEO friendly adalah pada home page-nya judul Blog (blog title) adalah H1 dengan daftar judul konten artikel sebagai H2. Sementara di halaman artikel (url postingan) judul artikel (bukan judul blog) diterapkan sebagai tag H1 dan judul blog sebagai H2.

Untuk mengetahui apakah struktur template blog sudah tersusun dan apakah tag heading serta meta tag sudah ada, sobat bisa melakukan pengujian lewat Google Search Console, Google Webmaster Tool, atau situs pihak ketiga macam SEOSiteCheckup (seositecheckup.com).

Sekarang sudah banyak blogger yang membuat template blog yang SEO friendly dengan struktur tag heading yang lengkap. Mbak Arlina dan Mas Sugeng misalnya, adalah beberapa Blogger beken sebagai free premium blogger template, SEO friendly dengan struktur template yang rapi.

Selain membuat template Blog SEO friendly gratis, keduanya juga membuat template blog SEO premium dengan fitur berbeda daripada versi gratisannya dan dilepas dengan harga terjangkau. Vienna Mag karya Arlina dan VioMag karya Mas Sugeng adalah contoh best SEO optimized Blogger template yang digandrungi para pencari template blog SEO.

Selain Arlina dan Mas Sugeng, ada juga yang membuka lapak jasa pembuatan template Blog SEO friendly keren dan jasa edit template SEO. Sobat bisa mencarinya di group Blogger di media sosial (Facebook atau Instagram).

2. Template Responsive Dan Mobile Friendly

Apa itu template responsive ? Template responsive adalah template yang didesain agar kompatibel dan bisa diakses melalui ponsel atau tablet. Seperti yang kita ketahui, sekarang Google memungkinkan blog/website bisa diakses melalui gadget.

Agar tampilan blog yang selama ini lebih sering kita lihat dalam versi desktop (lewat laptop atau PC) bisa juga diakses melalui gadget, maka diperlukan pengaturan tertentu. Pengaturan standar template blog mobile friendly sudah disediakan oleh Blogspot. Namun ada juga yang ketika sudah melakukan pengaturan otomatis tersebut tapi kode-kode template-nya (CSS dan HTML) tidak mendukung sehingga ketika diakses lewat smartphone yang terlihat masih blog dengan versi desktop.

Nah bagi sobat yang belum paham mengedit kode CSS/HTML misalnya untuk mengedit lebar halaman, sebaiknya pilih template yang sudah dimodifikasi serta mobile friendly. Caranya silakan baca Cara Edit Template Blogspot.

Untuk mengetahui apakah template blog sudah responsive dan sudah mendukung versi mobile, sobat bisa melakukan pengujian lewat tools online, misalnya situs gratisan WebsiteRepsonsiveTest (websiteresponsivetest.com).

3. Loading Blog Cepat

Fast loading blog adalah blog yang menjadi prioritas utama Google mengenai SEO. Sesuai informasi dari Google, bahwa di tahun 2019 salah satu indikator blog yang template-nya ramah search engine dan SEO Friendly adalah loading yang cepat.

Itu sebabnya kenapa blog yang templatenya sudah dioptimasi dengan format AMP sangat banyak merajai halaman 1 Google, karena blog AMP sangat cepat ketika diakses.

Ini berarti sobat yang selama ini menggunakan blog yang templatenya berat dengan CSS, HTML, dan JS serta doyan menambah fitur-fitur seperti widget animatif yang cuma sekedar memberi kesan "wah" maka sebaiknya lekas mengganti kebiasaan tersebut. Kalaupun ingin memasang widget, pasanglah widget yang penting saja dengan cara yang benar sehingga tidak memberatkan blog, misalnya widget Popular Post. Untuk memasang widget Popular Post yang benar silakan baca Cara Pasang Widget Popular Post di Blogspot.

Google mempertimbangkan bahwa semakin berat kapasitas sebuah website akan semakin lambat loadingnya. Semakin lambat loading blog akan berpotensi besar kehilangan traffic alias kehilangan pengunjung. Ingat, pengunjung blog yang diperhitungkan adalah visitor murni, bukan dari robot traffic. Tidak percaya ? coba cek skor SEO blog kamu, dan masalah site speed ini punya dampak besar meningkatkan SEO score kamu,

Oleh karenanya, blogger pemula sangat disarankan untuk menggunakan simple SEO blogger template yang template simpel dan ringan yang punya kecepatan loading tinggi. Sobat bisa mengetahui seberapa cepat loading blog versi desktop dan versi mobile dengan menguji template tersebut menggunakan tools speed test seperti GT Metrix dan Google Page Speed Insight. Skor 90 hingga 100 adalah blog dengan template berkategori cepat.

Permasalahan utama loading yang membuat blog menjadi lambat dan lama saat diakses yaitu CDN (Content Delivery Network), DNS, serta request HTTP yang terlalu lama akibat penggunaan kode javascript.

Bila sobat bingung mengedit bagaimana agar template blog tersebut punya loading kencang, bisa berkonsultasi dan menggunakan jasa edit template untuk mengoptimasi blog lebih SEO friendly responsive design seperti Sawal Walker atau Mas Jarwo (Kode Jarwo).

4. Kompatibel Pada Semua Browser

Selain kompatibel untuk semua perangkat, template Blog SEO friendly juga harus kompatibel untuk semua browser. Terkadang blogger ada yang salah memilih template ketika diakses via Google Chrome tampilannya bagus namun ketika dibuka di Opera Mini terlihat acak-acakan.

Agar blog sobat tersebut tampilannya sama di semua browser, maka gunakanlah template yang sudah dimodifikasi. Kalau sobat tidak tahu cara mengoptimasinya- sobat bisa berkonsultasi dengan jasa optimasi template SEO. (Lihat sub judul Template Responsive dan Mobile Friendly di atas).

5. Mudah Dinavigasi

Selain mobile friendly, blog yang SEO friendly haruslah navigation friendly alias mendukung navigasi. Blog yang templatenya mendukung sistem navigasi akan memberikan kemudahan bagi visitor untuk mencari informasi yang diinginkan dan betah berlama-lama di blog

Template dengan navigasi yang sudah teroptimasi akan memudahkan sobat memilah dan mengklasifikaskan konten-konten sesuai topiknya.

6. Terintegrasi Dengan Media Sosial

Google juga mengindikasikan akan memprioritaskan blog atau website yang ramah pengunjung, dengan memastikan apakah template blog tersebut memungkinkan pengunjung untuk berinteraksi. Apalagi media sosial sekarang ini menjadi tempat paling tepat pengguna internet saling berinteraksi.

Dengan mengintegrasikan template dengan media sosial seperti Facebook, Instagram, atau Twitter artikel blog bisa menjadi topik diskusi terbuka bagi siapapun. Dengan catatan, kamu sudah punya akun Facebook. Sudah punya belum ? Kalau belum, baca juga : Cara Membuat dan Mendaftarkan Akun Facebook Baru.

Kesimpulan

Bicara SEO bukan hanya tentang template blog saja, tapi juga tentang artikel dengan pemilihan kata kunci yang tepat, serta backlink. Sudah tahu apa itu backlink ? Kalau belum, kupas lebih dalam Cara Membuat dan Memasang Backlink Blog Yang Berkualitas.

Template blog yang SEO friendly bukan cuma akan membuat konten bisa bersaing di halaman depan Google, tapi juga memberikan keuntungan khususnya ketika akan memonetisasi blog. Contohnya yaitu sebagai publisher Google Ads. Agar mendatangkan hasil yang maksimal maka menggunakan Adsense friendly blogger template adalah cara terbaik.

Cek 5 Best Template SEO Terbaik Responsive dan Fast Loading.

Nah, itulah beberapa Kriteria Template Blog SEO Friendly yang mudah tampil di halaman depan Google. Ada banyak template blog SEO friendly yang bisa didapatkan secara gratis maupun berbayar. Misalnya template blog SEO friendly 3 kolom dan template blog 2 kolom. Tapi template yang didesain berlebihan tanpa mempertimbangkan kriteria template yang SEO friendly seperti yang saya kemukakan di atas serta tanpa pembuatan konten artikel yang berkualitas justru berdampak buruk baik bagi blog itu sendiri maupun si pemilik blog. Tidak sedikit blogger yang terpuruk lalu menyerah blogging. Tapi saya yakin sobat bukan tipe seperti itu, kan ?

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 Comments

Write Comments
28/3/19 23:51

Mantap penjelasanya tentang template,seo,dan kesimpulan artikel sangat jelas sekali.. sukses selalu

klikazzam.blogspot.com

avatar
30/4/19 00:41

Penjelasannya bagus banget, namun karena saya pemula banyak yang saya tidak paham, padahal saya punya masalah Mobile Friendly dengan Web saya, yang sampai sekarang blm terselesaikan
Saya sangat berharap ada yang bisa membantu saya

Ini HP/WA saya 081280811777

avatar
30/4/19 00:43

Atau mungkin saya harus menghubungi ke mana, mohon informasinya, makasih

avatar