Macam Jenis Kecepatan Internet Yang Perlu Diketahui

Apa itu internet ? Apa saja jenis kecepatan internet ? Berikut ini akan dibahas mengenai pengertian internet dan macam tipe kecepatan koneksi internet saat ini.
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
Kecepatan akses internet itu apa sih ? Apa benar kecepatan koneksi internet itu beda-beda ? Lalu, apa saja jenis kecepatan internet ? Pertanyaan-pertanyaan mendasar ini cukup penting diketahui.

Perbedaan Koneksi Internet dan Kecepatan Akses Internet

kecepatan akses internet

Apa itu akses internet, macam-macam akses internet, saluran internet dan jenisnya adalah hal-hal mendasar yang penting diketahui. Dengan memahami seluk beluk koneksi internet, kamu bisa memilih jenis internet yang dibutuhkan.

Akses/koneksi internet adalah transfer data atau transfer informasi melalui jalur/jaringan internet. Artinya, semua pengoperasian di perangkat yang terhubung ke internet pasti akan mengalami proses transfer data atau transformasi, dari dari perangkat komputer ke perangkat lain, dan sebaliknya.

Proses transfer ini akan dihubungkan oleh perangkat/media tertentu sebagai "pusat" nya, yaitu server.

Sementara, kecepatan akses internet adalah kecepatan transfer data saat mengakses informasi melalui jaringan internet.

Satuan Kecepatan Akses Internet Dalam Teknologi Jaringan

Setiap proses transfer data tertentu yang melalui server, baik dari perangkat lain ke perangkat kita dan dari perangkat kita ke perangkat lain, akan memiliki kecepatan tertentu. Kecepatan ini disebut dengan kecepatan akses internet.

Satuan kecepatan akses internet adalah dinyatakan dengan bps atau bit per second. Ini berarti jumlah bit atau banyaknya bit data yang ditransfer atau dipindahkan dari satu perangkat ke perangkat lainnya, dalam hal ini adalah perangkat komputasi (komputer).

Rumus kecepatan internet dapat diasumsikan sebagai berikut. Bila kamu mengirim 1 kb file per detik, maka kamu telah mengirim 1.000 byte. Dengan 1 byte sama dengan 8 bit, maka data yang telah dikirim adalah 8.000 bit, atau sama dengan 8 kilobit per detik (kbps).

Beberapa tahun terakhir, satuan kecepatan internet sudah dalam Mbps, dan Gbps, yang mengartikan kecepatan akses internet relatif cepat.

Baca Juga:

Macam-Macam Jenis Kecepatan Akses Internet

Kecepatan akses internet memiliki banyak jenis dan macam. Aneka kecepatan akses internet ini memberikan keleluasaan bagi pengguna memilih paket internet sesuai kebutuhannya.

Berikut adalah beberapa jenis kecepatan internet yang dikelompokkan berdasarkan spesifikasi-spesifikasi tertentu.

Kecepatan Akses Internet Berdasarkan Server dan Alur Sumber Data

Berdasarkan alur transfer data, terdapat dua macam koneksi/akses internet, yaitu koneksi internet downstream dan akses internet upstream.

  1. Kecepatan internet upstream yaitu kecepatan internet saat mengirimkan data dari komputer menuju server internet
  2. Kecepatan internet downstream yaitu kecepatan koneksi internet saat mengambil data dari server internet menuju perangkat komputer, misalnya saat saat browsing internet atau penelusuran melalui search engine.

Kecepatan Akses Internet Menurut Salurannya

Jenis kecepatan akses internet memberikan dampak bagi pengguna saat internetan, karena masing-masing didasari oleh teknologi jaringan yang digunakan.

Dial Up

Dial Up merupakan jenis kecepatan akes internet yang menghubungkan komputer ke sambungan internet melalui kabel telepon. Komputer yang digunakan adalah komputer tunggal. Jalur atau saluran internet yang digunakan menggunakan PSTD.

Kecepatan kses internet dial up maksimalnya mencapai 56 Kbps. Di Indonesia jalur PSTD ini menghubungkan komputer ke ISP Telkom.

Agar terakses internet, komputer harus terhubung ke ISP (Internet Service Provider) lewat Dial Up melalui jalur PSTN (Public Switched Telephone Network) atau jaringan telepon reguler, contohnya Dial Up Telkomnet Instan dari ISP Telkom.

ASDL

Pengertian akses internet ASDL yaitu jenis kecepatan akses internet yang sudah menggunakan teknologi modem dengan saluran internet-nya berada pada frekuensi 34kHz - 1.104 kHz.

ASDL memiliki kelebihan berupa kecepatan akses internet berkecepatan tinggi dan suara/fax secara simultan.

  • Untuk line rate 384 Kbps, bandwidth maksimum yang didapatkan mendekati 337 Kbps.
  • Untuk line rate 384 Kbps, throughput rata-rata (kecepatan download) yang bisa didapatkan sekitar 40 Kbps.
  • Untuk line rate 512 Kbps, bandwidth maksimum yang didapatkan mendekati 450 kbps.
  • Untuk line rate 512 Kbps, throughput rata-rata (kecepatan download) yang bisa didapatkan sekitar 52 Kbps.

GPRS

GPRS merupakan teknologi jaringan komunikasi data dan suara menggunakan gelombang radio. Layanan GPRS dipasang pada jenis ponsel tipe GSM dan IS-136. Kecepatan maksimal akses internet gprs adalah antara 56 kbps - 115 kbps.

Kecepatan akses pada rentang ini memungkinkan akses internet bisa melakukan pengiriman data multimedia.

3G

3G adalah third gerneration technology. 3G mengacu pada perkembangan teknologi nirkabel (wireless). Kecepatan akses internet koneksi 3G adalah 144 kbps untuk mobile dan 2 Mbps pada kondisi static (diam di suatu tempat).

HSPA (HSDPA/HSUPA)

HSPA (High Speed Packet Acsess) adalah hasil pengembangan 3G Release 99 (R99, gelombang pertama 3G). HSPA sejajar dengan Evolution Data Optimized (Ev-Do, perkembangan CDMA).

Jaringan HSPA berada pada frekuensi atau saluran akses internet 1.900 MHz hingga 2.100 MHz. Ada juga diantaranya berjalan pada spektrum 859 MHz. HSPA terdiri atas HSDPA (downlink atau arus data turun) serta HSUPA (uplink, atau arus data naik).

Pada spektrum HSPA memudahkan akses penjelajahan dunia maya. Serat fiturnya rapi dan canggih sehingga mampu mengurangi biaya transfer data per mega bit. Kecepatan akses internet dengan hsdpa bisa melakukan unduh data hingga berkecepatan 3,7 Mbps di lingkungan perumahan.

4G

4G (fourth generation technology) adalah istilah yang digunakan mengacu pada pengembangan teknologi telepon seluler 3G, dimana IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) memberikan nama resmi 4G yaitu “3G and beyond”.

Wireles Fidelity (Wifi) dan Wireles Broadband (Wibro)

Wifi adalah isitlah lain dari WLAN (Wireless LAN - teknologi yang didesain modular, fleksibel dan bisa dioptimalkan pada lingkungan yang berbeda), merupakan pengembangan dari Hi-Fi.

Sementara Wireless broadband memungkinkan akses internet broadband ke berbagai perangkat, termasuk handphone, komputer, notebook, dan PDA. Dari segi mobilitas, wireless broadband juga dinilai lebih efisien ketimbang WiFi yang sekarang menjadi standar Internet nirkabel.

Macam-macam jenis kecepatan Internet Wi-FI

  • Koneksi internet wifi tipe 802.11a. Kecepatan koneksi internet tipe ini adalah 54 Mbps pada frekuensi bandwith 5 GHz dan kompatibilitas A.
  • Koneksi internet wifi tipe 802.11b. Kecepatan koneksi internet tipe ini adalah 11 Mbps pada frekuensi bandwith 2,4 GHz dan kompatibilitas B.
  • Koneksi internet wifi tipe 802.11g. Kecepatan akses tipe ini adalah 54 Mbps pada frekuensi bandwith 2,4 GHz dan kompatibilitas b, g.
  • Koneksi internet wifi tipe 802.11n. Kecepatan akses internet wifi tipe ini adalah 100 Mbps pada frekuensi bandwith 2,4 GHz dan kompatbilitas b, g, a.

LAN (Local Area Network)

LAN adalah salah koneksi internet kabel yang menghubungkan komputer ke jaringan internet, dimana jaringan komputer tersebut harus terhubung ke sebuah komputer server yang terhubung dengan ISP melalui kabel telepon atau antena.

Akses internet jaringan komputer lewat komputer server ini disebut LAN menggunakan LAN Card dan kabel koaksial (UTP). Umumnya LAN memiliki kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbps.

TV Kabel

Belakangan ini akses internet menggunakan TV kabel sudah biasa digunakan. TV kabel ini bagi sebagian kalangan cocok untuk pengguna rumahan / keluarga. Kelebihannya yaitu bisa mengakses internet cepat dengan bebas dan nyaman.

Jaringan TV kabel biasanya bisa dipakai untuk koneksi ke internet dengan kecepatan maks 27 Mbps downstream (kecepatan download), dan 2,5 Mbps upstream (kecepatan upload). Mengakses internet TV kabel ini harus dilengkapi dengan kartu ethernet (ethernet card).

Faktor-Faktor Yang mempengaruhi Kecepatan Akses Internet

Seperti telah disebutkan sebelumnya, terdapat dua jenis kecepatan akses internet yaitu upstream dan downstream. Bila dilihat dari skema upstream dan downstream maka akan kita temukan hubungan besar sebagai berikut.

  • Ada satelit, gelombang radio, dan saluran internet
  • Ada jaringan internet dan server internet
  • Ada produk yang akan diambil (dari server internet ke komputer) dan produk yang dikeluarkan (dari komputer ke server dan dari komputer ke komputer lainnya). Produk tersebut yaitu data dan informasi.
  • Ada perangkat komputer, baik komputer server maupun jaringan komputer yang terkoneksi dengan perangkat lainnya (baik perangkat komputer sejenis maupun perangkat gadget serta hardware lainnya yang menggunakan data internet)
  • Ada proses yang dilakukan yaitu proses mengakses jaringan internet, proses mengakses data jaringan, proses mengakses informasi dari komputer ke jaringan dan dari jaringan ke komputer, proses transfer data menjadi informasi yang dibutuhkan sesuai perintah dan ekstensinya

Dari keterkaitan antara jaringan internet, perangkat internet dan perangkat komputer berikut hardware pendukungnya, data dan informasi yang ditransfer melalui akses internet, proses transfer data itu sendiri dan proses penerjemahan data menjadi informasi, dapat kita ketahui bahwa cepat atau lambatnya suatu data diterima dan ditransfer tergantung pada kecepatan aksesnya.

Menurut Googelio, ada dua jenis faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet itu, yaitu faktor-faktor yang berhubungan dengan Jaringan atau saluran internet serta faktor-faktor pada perangkat komputasi (baik komputer, smartphone maupun gadget lainnya yang menggunakan internet).

1. Faktor Jaringan Internet Itu Sendiri

Faktor-faktor internet yang dimaksud Googelio adalah internet itu sendiri, yaitu jenis sambungan atau saluran internet, ketersediaan jaringan internet, ketersediaan infrastruktur internet agar bisa mengakses saluran internet.

Maka yang perlu menjadi perhatian terhadap kecepatan akses internet dari faktor internet itu sendiri yaitu :

  • Teknologi dan Sistem jaringan
  • Infrastruktur jaringan
  • Pengelolaan jaringan oleh provider

2. Faktor Perangkat Komputer Serta Komponennya

Laptop dan smartphone adalah perangkat atau gadget yang umumnya digunakan untuk online memanfaatkan koneksi internet. Selain jaringan interneti, kecepatan koneksi internet di perangkat juga dipengaruhi oleh spesifikasi dan kondisi perangkat itu sendiri.

Beberapa hardware dan spesifikasi yang mempengaruhi kecepatan akses jaringan internet pada perangkat antara lain yaitu:

  • Operating System (OS), Processor, RAM, Hardisk
  • Software dan Aplikasi
  • Browser yang digunakan
  • Modem internal

Spesifikasi komputer yang tidak mumpuni, terutama yang tidak atau belum support dengan teknologi jaringan terkini, niscaya relatif lambat mengakses internet.

Bagaimana Mengukur Kecepatan Internet Di Perangkat

Untuk mengetahui kecepatan internet yang diakses oleh laptop atau hp, maka sebaiknya perlu dilakukan tes kecepatan internet. Beberapa cara untuk menguji kecepatan koneksi internet di perangkat yaitu:

Dengan melakukan pengujian, kamu bisa memperkirakan apakah saat ini kamu bisa mendownload atau mengupload file dengan cepat, atau menunggu waktu yang tepat agar koneksi lancar.

Akhir Kata
Kecepatan akses internet hanya bisa maksimal tergantung pada saluran internet, ketersediaan jaringan, ketersediaan infrastruktur internet, jenis kecepatan internet yang dipilih dari provider penyedia jasa internet, teknologi yang digunakan provider, spesifikasi komponen komputer serta pemeliharaan perangkat.

Nah, sob, itulah beberapa hal mengenai Kecepatan Akses Internet dan Jenisnya yang perlu kamu ketahui supaya nanti-nantinya kamu tidak mengeluh dan bilang lemot, lemot dan lemot.

Getting Info...

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.