5 Perbedaan Utama Blogspot Vs Wordpress | Kelebihan dan Kekurangannya

Perbedaan Blogspot dan Wordpress sudah cukup lama diperdebatkan oleh pegiat blog. Namun terlepas dari berbagai kelebihan dan kekurangan Blogspot vs Wordpress, keduanya memang platform yang paling banyak digunakan untuk berbagai tujuan.


Perbedaan Blogspot Vs Wordpress



Kelebihan dan Kekurangan Blogspot vs WordPress
Perbandingan Blogspot Dengan WordPress

Suksesnya pegiat blog yang cuma bermodal tulisan dan ide menghasilkan banyak profit disinyalir sebagai pemicu digemarinya blogging dan vlogging. Bayangkan, dengan modal awal cuma blog gratisan saja owner Maxmanroe (maxmanroe.com) atau Juragan Cipir (juragancipir.com) sukses mendapatkan keuntungan jutaan rupiah lewat iklan mandiri, Google Ads maupun content placement. Tapi tentu saja bukan cuma sekedar modal blog gratisan, mereka juga punya skill mengemas konten sehingga memiliki nilai jual.

Menurut Jack Huang, President Of Overseas Business, UC Web, Alibaba Mobile Business Group lewat situs marketing.co.id tercatat bahwa sekitar 3,8 % (lebih kurang 3 juta) dari pengguna internet aktif di Indonesia adalah blogger. 

Blog gratis menjadi lirikan para pemula untuk mencoba peruntungannya mengikuti blogger-blogger pendahulu yang sudah berhasil. Terlepas dari bagaimana mereka mengemas kontennya, pertanyaan utama yang paling sering muncul adalah apa platform gratis yang terbaik untuk nge-blog.


Ada banyak platform blog gratisan yang bisa digunakan untuk memulai blogging. Blogspot dan WordPress merupakan dua dari sekian banyak platform blog yang paling sering digunakan untuk nge-blog. Beberapa platform blog lainnya yang cukup populer antara lain TypePad, Weebly, Joomla dsb.


Lalu apakah Blogspot dan Wordpress adalah yang terbaik ? Menurut Googelio sih relatif. Kalau soal platform terpopuler dan terfavorit, Blogspot dan WordPress memang berada diurutan teratas dibandingkan lainnya. Lalu, apakah Blogspot dan Wordpress unggul dalam hal lainnya, misalnya SEO ? Belum tentu, karena SEO tidak benar-benar melekat pada platform blog yang ada saat ini. Bahkan menurut Googelio, unsur SEO sendiri tergantung pada modifikasi yang disematkan serta pengelolaan kontennya. 

Kembali ke platform Blogspot dan WordPress, apa sebenarnya yang menyebabkan Blogspot dan Wordpress sangat digandrungi sebagian besar pengguna blog ? Googelio akan mengajak sobat khususnya yang pemula untuk mengetahui lebih banyak perbedaan antara Wordpress dan Blogspot. 

Baca Juga : 

Apa Itu Blogspot / Blogger

Blogspot atau biasa juga disebut dengan Blogger merupakan sejenis website atau situs berupa layanan publikasi. Situs ini diciptakan oleh Pyra Labs yang diluncurkan pada 23 Agustus 1999. Blogger atau Blogspot diakuisisi oleh Google tahun 2003.

Sejak 1 Mei 2010 Blogger/Blogspot sudah memperbolehkan penggunanya mempublikasikan blog yang sebelumnya dihost oleh Blogspot Google namun dengan syarat blog harus tetap tersimpan di server Google meskipun pengguna sudah menggunakan alamat dan domain dari penyedia lainnya.


Apa Itu WordPress

Wordpress adalah aplikasi open source (sumber terbuka) dan sangat populer dipakai sebagai blog engine. WordPress merupakan sistem manajemen konten (CMS) terbanyak digunakan di dunia, dimana lebih dari 30 persen website dibuat lewat WordPress. Diprediksi presentase ini semakin meningkat di masa mendatang.

WordPress yang dikembangkan oleh Wordpress Foundation pertama sekali dirilis tahun 2003, dan sejak tahun 2014 sudah dirilis secara stabil yang bisa dioperasikan oleh semua jenis OS.

Perbedaan Blogspot Vs Wordpress | Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangannya ? 

Ada sejumlah perbedaan antara Blogspot dengan Wordpress. Perbedaan tersebut dapat dilihat pada segi kepemilikan akun, tampilan, theme, serta fitur-fitur lainnya. 

Berikut ini adalah sejumlah perbedaan Wordpress dan Blogspot yang nantinya bisa pembaca nilai dan bandingkan sendiri saat mencobanya.


1. Cara Mendaftarkan Email di Blogspot Dan Wordpress

Agar bisa membuat blog di Blogger/Blogspot, pengguna harus sudah memiliki akun Gmail. Ya, akun email Gmail ini adalah syarat mutlak yang diharuskan Google bagi pengguna yang ingin membuat akun di Blogspot/Blogger. Membuat blog di Blogspot ini 100% gratis tanpa biaya. Jadi siapapun bisa membuat akun blog tanpa harus mengeluarkan biaya.


Baca Juga :
Sementara cara membuat blog di Wordpress tidak mengharuskan email Gmail. Semua platform email bisa didaftarkan di Wordpress. Keunikan lainnya, satu email bisa membuat banyak blog Wordpress. Seperti halnya mendaftarkan blog di Blogspot, mendaftarkan blog di Wordpress juga tidak dipungut biaya alias gratis.


2. Tampilan Dasboard Blogspot Vs Wordpress

Perbedaan lain yang bisa jadi pembanding antara Blogspot dengan Wordpress adalah pada segi tampilan dashboard. Kedua jenis platform blog ini dirancang dengan kegunaan masing-masing.

Tampilan dashboard Blogspot cukup sederhana. Bagi pengguna baru, tampilan simpel ini tentu saja sangat memudahkan khususnya saat meramu konten yang akan dirilis. Tapi tampilan yang sederhana ini justru sekaligus menjadi salah satu kekurangan bila ditinjau secara advance. Tampilan Blogspot yang sederhana terkesan kaku dan tidak memberikan berbagai opsi dan fitur.


Bila dibandingkan dengan dashboard Blogspot, tampilan Wordpress lebih dinamis dan menyediakan berbagai pilihan. Hal ini membuat dashboard Wordpress lebih fleksibel dan disukai.



3. Tema / Template Blogspot dan Wordpress

Blogger menyediakan sejumlah template bagi para penggunanya. Pengguna bisa memilih berbagai macam template baku yang tersedia. Sayangnya, template ini tidak seluruhnya bisa memuaskan pengguna, apalagi jenis template-nya cukup terbatas dan oleh sebagian pengguna tingkat lanjut umumnya malah lebih memilih mendownload dan menginstal template lain yang sudah dimodifikasi.

Dibandingkan dengan Blogspot, Wordpress justru menyediakan lebih banyak tema/template blog. Ada ratusan hingga ribuan template yang bisa diinstal. Bahkan desain templatenya cukup tematis, mulai dari template Wordpress bergaya majalah (magazine), template bergaya berita (news), hingga template Wordpress personal.



4. Kustomisasi Domain dan Hosting Blogspot Vs Wordpress

Untuk urusan hosting, Blogspot selama ini menjadikan server Google sebagai host-nya dan gratis. Google sendiri mempersilahkan pengguna untuk melakukan kustomisasi domain, namun hostnya tetap Google. Sistem ini sebenarnya menawarkan berbagai kelebihan, antar lain membuat Blogspot lebih stabil dan tidak mudah down. Tapi ada juga kekurangannya, antara lain ya karena dia punya Google membuat pemilik blog tidak leluasa bereksperimen. Salah satunya bisa dilihat dari penggunaan dashboard yang memang sudah baku.

Beda halnya dengan Wordpress. Wordpress lebih fleksibel dan kustomisasinya bisa untuk kepentingan personal. 
Ada 2 jenis blog WordPress, yaitu WordPress Instan (wordpress.com) serta WordPress selfhosted atau WordPress instal (wordpress.org). Kedua jenis blog ini sama gratisnya, tapi perbedaannya bila di Wordpress.com semua fasilitas dikendalikan oleh WordPress sementara di WordPress dashboardnya bisa dikendalikan sendiri oleh penggunanya (self hosted). Selain itu fitur-fitur pada WordPress.org bisa ditambahkan atau diinstal oleh pengguna.

Dari sisi ini (hosting), Blogspot menjadi pilihan pemula karena hostingnya gratis meskipun mengupgrade domainnya menjadi TLD. Sementara untuk self hosted seperti Wordpress mengupgradenya harus mengeluarkan biaya.

Misalnya, mengupgrade googelio.blogspot.com menjadi googelio.com cukup mengeluarkan biaya domain dengan hosting gratis dari Google. Tapi kalau di Wordpress, untuk mengupgrade googelio.wordpress.com atau googelio.wordpress.org menjadi googelio.com maka harus menyewa hosting terlebih dahulu.

Biaya untuk sewa hosting dan domain Wordpress ini beraneka ragam tergantung kapasitasnya (misalnya 10GB per bulan) dan penawaran yang disediakan penyedia (limited atau unlimited).

Baca Juga : Cara Membeli/Membayar Domain Blogspot/Wordpress


5. Monetisasi Blogspot Vs Wordpress

Salah satu keuntungan melakukan blogging adalah monetisasi. Itu sebabnya kenapa orang sekarang berlomba-lomba membuat blog, ya itu tadi supaya bisa dimonetisasi alias menghasilkan uang. 

Apakah blogspot bisa dimonetisasi ? Jelas bisa. Monetisasi Blogspot bisa dilakukan dengan menjadikan blog sebagai penayang iklan (publisher).

Salah satu bisnis iklan digital yang ternama di dunia ya milik Google sendiri, namanya Google Advertisement (Google Ads atau G-Ads). Dengan menjadikan Blogspot sebagai media penayang, pemilik blog berkesempatan mendapatkan ganjaran uang bagi hasil dengan Google dari si pemilik iklan.

Apalagi, Google Ads ini gratis tanpa biaya. Apakah cuma dari penayanngan iklan saja pemilik Blogspot mendapatkan keuntungan ? Tidak juga. Banyak yang menjadikan Blogspot sebagai media iklan mandiri dengan menyediakan space iklan. Ada juga yang menjadikan Blogspot sebagai media pemasaran digital

Berbeda halnya dengan Blogger.com, monetisasi blog Wordpress tidak bisa menayangkan Google Ads. Tapi Wordpress justru menawarkan keuntungan lain, yaitu sebagai media e-commerce. Pebisnis online khususnya pemilik toko online umumnya menggunakan platform Wordpress sebagai media berjualan online.



Baca Juga : 

Kesimpulan : Kelebihan dan Kekurangan Blogspot Vs Wordpress - Sama-Sama Punya Keuntungan 

Apakah blogging hanya soal profit semata ? Menurut Googelio sih tidak selamanya. Maksudnya begini, tidak sedikit blogger pemula yang langsung membuat blog entah itu Blogspot atau di WordPress dan berharap langsung menghasilkan keuntungan, padahal kontennya baru 10 postingan dan buru-baru pasang Adsense.


Blogging bukan cuma soal menghasilkan profit secara langsung. Juga bukan bagaimana agar Blogspot dan Wordpress sudah terpasang Adsense. Pemilik blog TeknoPlug yang blog-nya baru berumur setahun dan sebagian besar artikelnya nangkring di halaman pertama Google dengan traffic hampir 5000 pv/hari hingga saat ini tidak memasang Adsense.

Lalu apa yang dikejar ? Kualitas konten dan prestasi. Hingga saat ini TeknoPlug telah berkali-kali memenangi sejumlah kontes blogging baik yang berhadiah uang maupun produk-produk keren. 

Ada keuntungan yang bisa dimaksimalkan lewat kekurangan dan kelebihan baik itu Blogspot atau WordPress, misalnya untuk mendorong blog utama (Main Blog) agar lebih termonetisasi. 

Jadi, mana lebih baik Blogspot dan WordPress ? Tergantung bagaimana blogger mengoptimasi Perbedaan Blogspot dan WordPress

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

"Berkomentar dengan sopan, tidak berbau SARA, Judi, dan pornografi | Komentar Spam auto delete"