Kecepatan Akses Internet Serta Macam Jenis Kecepatan Internet

Kecepatan akses internet itu apa sih ? Apa benar kecepatan koneksi internet itu beda-beda ? Lalu, apa saja jenis kecepatan internet ? Pertanyaan-pertanyaan mendasar ini cukup penting diketahui khususnya bagi pengguna atau pelanggan internet sehingga bisa mengetahui budget kuota yang diperlukan mengoperasikan aplikasi secara online ataupun transfer file melalui perangkatnya. 

jenis sambungan internet


Apa Itu Koneksi Internet | Pengertian Koneksi Internet dan Kecepatan Akses Internet


Apa itu akses internet, macam-macam akses internet, saluran internet dan jenisnya adalah hal-hal paling mendasar untuk mengetahui kecepatan akses internet, baik internet wifi maupun internet di smartphone. Agar kamu tahu, kecepatan akses internet itu sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Apa Itu Akses Internet

Akses/koneksi internet adalah transfer data atau transfer informasi melalui jalur/jaringan internet. Artinya, semua pengoperasian di perangkat yang terhubung ke internet pasti akan terjadi proses transfer data atau transformasi, baik dari perangkat komputer menuju perangkat lain dan sebaliknya. Proses transfer ini akan dihubungkan oleh perangkat/media tertentu sebagai "pusat" nya, yaitu server. 

Sementara kecepatan akses internet adalah kecepatan transfer data saat mengakses informasi melalui jaringan internet.

Bagaimana kita bisa melihat kecepatan akses internet ? 

Satuan Kecepatan Akses Internet Dalam Teknologi Jaringan


Setiap proses transfer data atau informasi tertentu yang melalui server, baik dari perangkat lain ke perangkat kita demikian pula sebaliknya dari perangkat kita perangkat lain akan memiliki kecepatan tertentu, biasa disebut dengan kecepatan akses internet.

Satuan kecepatan internet (akses) dinyatakan dengan bps atau bit per second. Ini berarti jumlah bit atau banyaknya bit data yang ditransfer atau dipindahkan dari satu perangkat ke perangkat lainnya, dalam hal ini adalah perangkat komputasi (komputer).

Baca Juga :


Macam-Macam Jenis Kecepatan Akses Internet


Kecepatan akses internet memiliki banyak jenis dan macam. Aneka kecepatan akses internet ini oleh beberapa perusahaan cukup menguntungkan. Tentu saja keuntungan ini bukan keuntungan provider semata. Adanya berbagai macam spesifikasi kecepatan koneksi internet menguntungkan pengguna internet dari sisi biaya, dimana pelanggan bisa memanfaatkan akses internet sesuai kemampuan ekonominya.

Nah, berikut ini adalah beberapa jenis kecepatan internet yang dikelompokkan berdasarkan spesifikasi-spesifikasi tertentu.

Jenis Kecepatan Akses Internet Berdasarkan Server dan Alur Sumber Data


Berdasarkan alur transfer data, terdapat dua macam koneksi/akses internet, yaitu koneksi internet downstream dan akses internet upstream.

  1. Kecepatan akses internet upstream yaitu kecepatan internet saat mengirimkan data dari komputer menuju server internet
  2. Kecepatan koneksi internet downstream yaitu kecepatan koneksi internet saat mengambil data dari server internet menuju perangkat komputer, misalnya saat saat browsing internet atau penelusuran melalui search engine.

Jenis Kecepatan Akses Internet Menurut Salurannya

Jenis kecepatan akses internet akan memberikan dampak hasil yang berbeda saat mengoperasikan sejumlah aplikasi online. Ini karena saluran internet tersebut mempunyai banyak macam kecepatan akses serta teknologi yang tentu juga berbeda pada setiap tingkatan aksesnya.

Berdasarkan saluran internet, jenis kecepatan terdiri atas :

Dial Up
Dial Up merupakan jenis kecepatan akes internet yang menghubungkan komputer ke sambungan internet melalui kabel telepon. Komputer yang digunakan adalah komputer tunggal. Jalur atau saluran internet yang digunakan menggunakan PSTD. Kecepatan kses internet dial up maksimalnya mencapai 56 Kbps. Di Indonesia jalur PSTD ini menghubungkan komputer ke ISP Telkom.

Kecepatan Akses Internet melalui Dial Up

Agar terakses internet, komputer harus terhubung ke ISP (Internet Service Provider) lewat Dial Up melalui jalur PSTN (Public Switched Telephone Network) atau jaringan telepon reguler, contohnya Dial Up Telkomnet Instan dari ISP Telkom.

Dial Up adalah jenis kecepatan akes internet yang menghubungkan komputer ke sambungan internet melalui kabel telepon dengan kecepatan maksimal 56 Kbps. 

ASDL
Pengertian akses internet ASDL yaitu jenis kecepatan akses internet yang sudah menggunakan teknologi modem dengan saluran internet-nya berada pada frekuensi 34kHz - 1.104 kHz. ASDL memiliki kelebihan berupa kecepatan akses internet berkecepatan tinggi dan suara/fax secara simultan.

  • Untuk line rate 384 Kbps, bandwidth maksimum yang didapatkan mendekati 337 Kbps.
  • Untuk line rate 384 Kbps, throughput rata-rata (kecepatan download) yang bisa didapatkan sekitar 40 Kbps.
  • Untuk line rate 512 Kbps, bandwidth maksimum yang didapatkan mendekati 450 kbps.
  • Untuk line rate 512 Kbps, throughput rata-rata (kecepatan download) yang bisa didapatkan sekitar 52 Kbps.     

GPRS
GPRS merupakan komunikasi data dan suara menggunakan gelombang radio. Layanan GPRS dipasang pada jenis ponsel tipe GSM dan IS-136. Kecepatan maksimal akses internet gprs adalah antara 56 kbps - 115 kbps. Kecepatan akses pada rentang ini memungkinkan akses internet bisa melakukan pengiriman data multimedia.

3G
3G adalah third gerneration technology. 3G mengacu pada perkembangan teknologi nirkabel (wireless). Kecepatan akses internet koneksi 3G adalah 144 kbps untuk mobile dan 2 Mbps pada kondisi static (diam di suatu tempat).

HSPA (HSDPA/HSUPA)
HSPA (High Speed Packet Acsess) adalah hasil pengembangan 3G Release 99 (R99, gelombang pertama 3G). HSPA sejajar dengan Evolution Data Optimized (Ev-Do, perkembangan CDMA). Jaringan HSPA berada pada frekuensi atau saluran akses internet 1.900 MHz hingga 2.100 MHz. Ada juga diantaranya berjalan pada spektrum 859 MHz. HSPA terdiri atas HSDPA (downlink atau arus data turun) serta HSUPA (uplink, atau arus data naik). Pada spektrum HSPA memudahkan akses penjelajahan dunia maya. Serat fiturnya rapi dan canggih sehingga mampu mengurangi biaya transfer data per mega bit. Kecepatan akses internet dengan hsdpa bisa melakukan unduh data hingga berkecepatan 3,7 Mbps di lingkungan perumahan.

4G 

4G (fourth generation technology) adalah istilah yang digunakan mengacu pada pengembangan teknologi telepon seluler 3G, dimana IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) memberikan nama resmi 4G yaitu “3G and beyond”.

Wireles Fidelity (Wifi) dan Wireles Broadband (Wibro)

Wifi adalah isitlah lain dari WLAN (Wireless LAN - teknologi yang didesain modular, fleksibel dan bisa dioptimalkan pada lingkungan yang berbeda), merupakan pengembangan dari Hi-Fi.

Sementara Wireless broadband memungkinkan akses internet broadband ke berbagai perangkat, termasuk handphone, komputer, notebook, dan PDA. Dari segi mobilitas, wireless broadband juga dinilai lebih efisien ketimbang WiFi yang sekarang menjadi standar Internet nirkabel.

LAN (Local Area Network)

LAN adalah salah koneksi internet kabel yang menghubungkan komputer ke jaringan internet, dimana jaringan komputer tersebut harus terhubung ke sebuah komputer server yang terhubung dengan ISP melalui kabel telepon atau antena. Akses internet jaringan komputer lewat komputer server ini disebut LAN menggunakan LAN Card dan kabel koaksial (UTP). Umumnya LAN memiliki kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbps.

TV Kabel

Belakangan ini akses internet menggunakan TV kabel sudah biasa digunakan. TV kabel ini bagi sebagian kalangan cocok untuk pengguna rumahan / keluarga. Kelebihannya yaitu bisa mengakses internet cepat dengan bebas dan nyaman.

Jaringan TV kabel biasanya bisa dipakai untuk koneksi ke internet dengan kecepatan maks 27 Mbps downstream (kecepatan download), dan 2,5 Mbps upstream (kecepatan upload). Mengakses internet TV kabel ini harus dilengkapi dengan kartu ethernet (ethernet card).


Macam-macam jenis kecepatan Internet Wi-FI

  • Koneksi internet wifi tipe 802.11a. Kecepatan koneksi internet tipe ini adalah 54 Mbps pada frekuensi bandwith 5 GHz dan kompatibilitas A.
  • Koneksi internet wifi tipe 802.11b. Kecepatan koneksi internet tipe ini adalah 11 Mbps pada frekuensi bandwith 2,4 GHz dan kompatibilitas B.
  • Koneksi internet wifi tipe 802.11g. Kecepatan akses tipe ini adalah 54 Mbps pada frekuensi bandwith 2,4 GHz dan kompatibilitas b, g.
  • Koneksi internet wifi tipe 802.11n. Kecepatan akses internet wifi tipe ini adalah 100 Mbps pada frekuensi bandwith 2,4 GHz dan kompatbilitas b, g, a.


Wi-Fi sendiri memiliki spesifikasi kecepatan akses tersendiri. Di Indonesia, beberapa provider penyedia jasa internet wi-fi misalnya Telkom dengan program Speedy-nya (sekarang dikenal dengan IndiHome), First Media, My Republik, Biznet Home, GIG Indosat, MNC Play, hingga CBN.

Internet Broadband
Broadband internet adalah teknologi internet yang memiliki koneksi internet kecepatan tinggi karena lebar jalur yang besar. Kecepatan akses internet bisa mencapai 128 kbps atau lebih. Jaringan ini bisa digunakan para gamer online, streaming video, movie online. Di Indonesia teknologi broadband yang umum digunakan adalah teknologi DSL, teknologi kabel dan fixed wireless.


Kecepatan Akses Internet 4G, HSPA / Internet Broadband Dan Cara Kerjanya


Smartphone adalah telepon genggam dengan perangkat-perangkat hampir menyerupai komputer dan bekerja menggunakan sinyal radio. Smartphone merupakan pengembangan dari ponsel jadul yang multifungsi dilengkapi fitur-fitur multimedia. Dengan kata lain, smartphone memiliki kelengkapan yang support terhadap layanan internet dengan saluran internet yang telah ditentukan.

Cara kerja internet smartphone tidak berbeda dengan internet  wifi. Keduanya sama-sama menggunakan gelombang radio.

Cara kerjanya adalah komputer berikut adaptor nirkabel (modem) menerjemahkan data yang dikirim menjadi sinyal radio. Sinyal yang sama ini akan dikirim melalui antena router (antena decoder). Setelah diterjemahkan, data akan dikirim ke internet melalui koneksi ethernet kabel.

Bila dulu sebuah ponsel hanya bisa menikmati internet melalui saluran GPRS dan 3G, saat ini smartphone sudah berkembang sangat maju dan canggih sehingga bisa mengakses layanan internet pada jalur HSPA (HSDPA dan HSUPA), atau 4G. Kecepatan koneksi internet 4g jauh lebih cepat dibandingkan GPRS maupun 3G. Seperti halnya komputer PC atau laptop, Smartphone juga telah diproduksi agar bisa terkoneksi internet melalui wifi hotspot

Bagaimana Kecepatan Koneksi Internet di Dunia Dan Di Indonesia ?

Teknologi merupakan salah satu faktor yang menyebabkan kecepatan akses internet di setiap negara berbeda-beda. Hal ini lumrah terjadi, karena tidak semua negara memiliki teknologi yang sama untuk agar akses internet cepat tersedia.

Singapura, Jepang dan Korea Selatan Negara Dengan Kecepatan Akses Internet Tercepat Di Dunia 

Berdasarkan survey APJII dan rilis laporan dari Akamai Technologies, Kecepatan koneksi internet tercepat di dunia tertinggi saat ini adalah di Eropa dan Amerika Utara. Di Asia, kecepatan akses internet paling tinggi adalah Korea Selatan, sekitar  20,5 Mbps. Selain Korea Selatan, kecepatan akses internet paling cepat di Asia adalah Jepang,  dan Singapura merupakan negara dengan kecepatan akses internet paling cepat di Asia dan dunia.

Bagaimana Kecepatan Koneksi Internet Indonesia ?

Akses internet cepat rata-rata global Indonesia menempati posisi 94 se-Asia Pasifik. Kecepatan akses internet Indonesia tergolong rendah bila dibandingkan Korea Selatan, Jepang, Hongkong dan Singapura yang termasuk dalam negara yang memiliki akses internet rata-rata tercepat di Asia dan dunia.

Kecepatan rata-rata koneksi internet secara global adalah 5,1 Mbps hingga 6,3 Mbps. Artinya kecepatan koneksi internet Indonesia masih rendah, karena kecepatan rata-rata akses internet Indonesia hanya 3,1 Mbps.


Mengukur/Menghitung Kecepatan Akses Internet Untuk Mengetahui Kecepatan Akses Internet 


Masalah kecepatan akses internet bagi sebagian kalangan memang cukup mengkhawatirkan. Saat sedang mengupload file ke kantor, atau download film drama Korea tiba-tiba kecepatan download melambat atau bahkan putus di tengah jalan adalah beberapa aktivitas yang sering mengalami ketidaknyamanan dalam memanfaatkan internet. 

Untuk mengetahui kecepatan akses internet sebelum download atau upload file di laptop atau di hp yaitu dengan melakukan tes kecepatan internet, atau sering disebut dengan istilah speedtest (internet speed test). 

Cara mengukur/menghitung kecepatan akses internet bisa dilakukan dengan berbagai cara. Trik tes kecepatan internet sendiri cukup menguntungkan sehingga kita bisa mengestimasikan waktu yang diperlukan untuk download atau upload file, diantaranya dari sisi penggunaan paket/kuota internet sehingga kuota tidak terbuang sia-sia. 

Cara Tes Kecepatan Internet di Laptop dan Di HP

  • Cara cek kecepatan koneksi internet dengan Speedtest.net. Cara cek kecepatan akses internet dapat dilakukan melalui web yang menyediakan alat pengukur kecepatan internet. Website yang bisa cek kecepatan akses internet misalnya Speedtest.net, CBN, Testmy.net, atau BandWithPlace.com.
  • Cara mengukur kecepatan akses internet melalui aplikasi mobile (speedtest mobile). Bagi pengguna internetwifi atau pelanggan internet mobil yang mengakses internetnya melalui smartphone bisa mengecek kecepatan akses internet menggunakan aplikasi mobile. Aplikasi Speedtest mobile bisa di download terlebih dahulu di Google PlayStore untuk pengguna hp Android, atau di Apps Store (iOS). Internet Speedtest Apk Mobile yang bisa didownload misalnya Speedtest.net Mobile Speedtest Apk
  • Cara mengetahui kecepatan internet dengan melakukan ping test CMD. Tes kecepatan internet dengan trik CMD ini pada dasarnya yaitu melakukan ping test menuju server dns.

Faktor-Faktor Yang mempengaruhi Kecepatan Akses Internet 

Seperti telah disinggung sebelumnya bahwa terdapat dua jenis kecepatan akses internet yaitu upstream dan downstream.

Bila dilihat dari skema upstream dan downstream maka akan kita temukan hubungan besar sebagai berikut :

  • Ada satelit, gelombang radio, dan saluran internet
  • Ada jaringan internet dan server internet
  • Ada produk yang akan diambil (dari server internet ke komputer) dan produk yang dikeluarkan (dari komputer ke server dan dari komputer ke komputer lainnya). Produk tersebut yaitu data dan informasi.
  • Ada perangkat komputer, baik komputer server maupun jaringan komputer yang terkoneksi dengan perangkat lainnya (baik perangkat komputer sejenis maupun perangkat gadget serta hardware lainnya yang menggunakan data internet)
  • Ada proses yang dilakukan yaitu proses mengakses jaringan internet, proses mengakses data jaringan, proses mengakses informasi dari komputer ke jaringan dan dari jaringan ke komputer, proses transfer data menjadi informasi yang dibutuhkan sesuai perintah dan ekstensinya

Dari keterkaitan antara jaringan internet, perangkat internet dan perangkat komputer berikut hardware pendukungnya, data dan informasi yang ditransfer melalui akses internet, proses transfer data itu sendiri dan proses penerjemahan data menjadi informasi dapat kita ketahui bahwa cepat atau lambatnya suatu data diterima dan ditransfer sekaligus diterjemahkan baik oleh komputer dari jaringan internet maupun oleh server internet dan jaringan internet dari perangkat komputer sangat tergantung pada kecepatan aksesnya.

Menurut Googelio, ada dua jenis faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet itu, yaitu faktor-faktor yang berhubungan dengan Jaringan atau saluran internet serta faktor-faktor pada perangkat komputasi (baik komputer, smartphone maupun gadget lainnya yang menggunakan internet).

1. Faktor Jaringan Internet Itu Sendiri

Faktor-faktor internet yang dimaksud Googelio adalah internet itu sendiri, yaitu jenis sambungan atau saluran internet, ketersediaan jaringan internet, ketersediaan infrastruktur internet agar bisa mengakses saluran internet.

Maka yang perlu menjadi perhatian terhadap kecepatan akses internet dari faktor internet itu sendiri yaitu :

Kecepatan koneksi internet dipengaruhi Ketersediaan Jaringan dan Satelit 
Kamu perlu tahu sob, bahwa saluran internet itu mirip-mirip pita gitu. Seperti diketahui, bumi diselimuti oleh lapisan-lapisan. Setiap lapisan memiliki gelombang dan frekuensi yang berbeda. Seperti sudah diulas di atas bahwa saluran internet menggunakan gelombang radio. Gelombang radio hanya bisa diakses bila ada satelit, insfrastruktur jaringan serta perangkat transmitter serta receiver melalui stasiun penerima maupun pemancar. Artinya, selama di suatu tempat tidak memiliki infrastruktur tersebut maka perangkat tidak bisa masuk ke sambungan atau jalur internet yang tersedia, kecuali menggunakan perangkat yang langsung terhubung ke satelit.

Kecepatan Koneksi Internet Dipengaruhi Oleh Ketersediaan Infrastruktur Jaringan Internet

Infrastruktur jaringan internet contohnya BTS / tower, pusat server, jaringan internet terkoneksi. Selain infrastruktur jaringan telekomunikasi berbasis satelit berupa stasiun telekomunikasi yang dilengkapi menara penerima dan pemancar, internet juga membutuhkan infrastruktur jaringan internet.

Penggunaan internet untuk kebutuhan komersil sangat berbeda dengan penggunaan oleh badan komunikasi dan telekomunikasi, lembaga pertahanan negara serta lembaga/badan yang sifatnya untuk kebutuhan negara. Oleh karena itu pemerintah telah mengatur pengelolaan saluran internet berikut gelombang atau frekuensi yang digunakan khususnya bagi provider yang sifatnya berupa penyediaan jasa internet.

Penyediaan infrastruktur bukan hanya beban provider internet atau penyedia jasa internet selaku pengelola internet broadband. Pemerintah punya kewajiban menyediakan infrastruktur internet di setiap area broadband internet.

Ketersediaan infrastruktur jaringan internet sangat membantu meningkatkan kecepatan Akses internet di setiap area atau regional agar tidak timpang. Saat ini kecepatan akses internet Indonesia masih rendah dibandingkan Singapura, apalagi negara-negara barat. Padahal pertumbuhan pengguna internet atau pelanggan internet tiap tahun meningkat.

Kecepatan Akses Internet Produk dan Layanan dari Provider Internet Serta Teknologi Yang Digunakan Provider
Beberapa provider internet menawarkan produk unggulan internet cepat, internet termurah, internet tercepat dan termurah, internet unlimited. Setiap provider harus mematuhi aturan penggunaan frekuensi. Masing-masing provider memiliki kemampuan menerapkan teknologi jaringan yang tidak sama.

Untuk mendapatkan layanan internet dengan kecepatan maksimal, kamu perlu mempelajari sejarah perusahaan operator layanan internet. Pelajari produknya, ketahui infrastruktur dan penerapan teknologinya, telusuri layanan after service, dan banyak bertanya kepada operator online.

Perlu diketahui bahwa penyedia jasa layanan internet menawarkan paket internet berdasarkan kecepatannya. Semakin tinggi kecepatan akses internet yang dipilih maka semakin mahal biaya yang dikeluarkan.

Di Indonesia terdapat sejumlah provider internet broadband penyedia wi fi, misalnya BizNet, MNC, Telkom, First Media, My Republic dan Oxygen. Setiap provider memiliki paket-paket unggulan.

Kecepatan akses internet Infinite X1 4K milik First Media mencapai 200 Mbps, sementara produk Supernova milik My Republik mencapai 300 Mbps.

Namun provider internet broadband yang paling digemari saat ini adalah  layanan internet wifi adalah Telkom Speedy dan IndiHome milik Telkom. Telkom Speedy menggunakan teknologi jalur kabel tembaga. Saat ini Telkom memiliki paket unggulan Home Speedy yang menggunakan teknologi serat optik (fiber optik) tanpa kabel (wireless).

Kecepatan akses internet Speedy adalah 5 Mbps, sementara kecepatan koneksi internet wifi IndiHome mencapai 100 Mbps. Selain paket internet wifi, Indi Home juga menyertakan layanan 1000 menit telepon lokal/interlokal, TV Kabel dan produk HOOQ (sejenis bioskop online). Namun Telkom telah menggunakan FUP (Fair Usage Policy) untuk membatasi kecepatan maksimal yang bisa digunakan.


2. Faktor Perangkat Komputer Serta Komponennya

Perangkat komputer adalah bagian penting penggunaan internet. Memangnya internet dimanfaatkan untuk perangkat apa kalau bukan perangkat komputer maupun gadget lainnya yang berbasis komputasi.

Selain internet itu sendiri, kecepatan koneksi internet di perangkat juga dipengaruhi oleh komponen perangkat itu sendiri. Apa  saja ?
  • Operating System (OS), Processor, RAM, Hardisk
  • Software dan Aplikasi
  • Perawatan dan Pemeliharaan Komputer terkait Virus, Junk Files dan Komponen Yang Rusak


Apa hubungannya ?

Begini sob, spesifikasi perangkat yang tidak kompatibel dengan kebutuhan apalagi jika dalam keadaan online justru membuat koneksi internet yang dikelola tidak ada gunanya. Orang sering bilang "lemot".

Padahal bukan jaringannya yang lemot, tapi proses akses internet dan transfer data dari jaringan ke komputer tidak berjalan maksimal karena adanya hambatan-hambatan di dalam perangkat itu sendiri.

Ini hubungan sebab akibatnya. Sebuah perangkat komputer menggunakan OS Windows 10. Sementara spesifikasi minimal untuk Windows 10 adalah RAM minimal 4GB atau lebih, dengan processor minimal Intel core i3 ke atas dengan clock speed atau frekuensi 2.1 GHz atau lebih dengan RAM minimal 4GB, padahal komputer tersebut hanya menyediakan RAM cuma 2GB dan processor cuma 1,7GHz dual core pula. Ketika OS melakukan update fitur dan pembaharuan lainnya jelas akan menggunakan internet. Kapasitas file updatenya lumayan besar. Apa hasilnya ? Lemot.

Dengan perangkat komputer yang sama terdapat sotware berkapasitas besar seperti Corel Draw, atau game-game berat yang biasa dimainkan online seperti GTA. Juga terdapat browser yang biasa digunakan untuk browsing. Ketika terkoneksi ke internet (dengan spesfikasi yang sama tadi), apa hasilnya ? Lemot.
Kenapa ? Ketika bermain game online dengan spesfikasi rendah sementara kapasitas filenya besar, biasanya koneksi internet jadi terhambat diakses oleh perangkat karena kerja komponen terkuras dengan pengoperasian game-nya, sementara proses transfer data bit jadi tidak maksimal.

Akhir Kata
Kecepatan akses internet hanya bisa maksimal tergantung pada saluran internet, ketersediaan jaringan, ketersediaan infrastruktur internet, jenis kecepatan internet yang dipilih dari provider penyedia jasa internet, teknologi yang digunakan provider, spesifikasi komponen komputer serta pemeliharaan perangkat. 

Nah, sob, itulah beberapa hal mengenai Kecepatan Akses Internet dan Jenisnya yang perlu kamu ketahui supaya nanti-nantinya kamu tidak mengeluh dan bilang lemot, lemot dan lemot.
Labels: Internet, Teknologi

Thanks for reading Kecepatan Akses Internet Serta Macam Jenis Kecepatan Internet. Please share...!

0 Comment for "Kecepatan Akses Internet Serta Macam Jenis Kecepatan Internet"

"Silahkan berkomentar dengan sopan, Tidak menggunakan kata atau kalimat yang mengandung SARA dan pornografi,tidak menggunakan link aktif/hidup dan spamming"

Back To Top