Cara Mudah Membuat Scroll Pada Postingan Blog di Blogspot

Cara Mudah Membuat Scroll Pada Postingan Blog di Blogspot - Setiap blogger atau pemilik website pasti punya keinginan untuk membuat tampilan blog atau websitenya semenarik mungkin, serta memberikan fungsi-fungsi tertentu yang mempermudah pengunjung blog menelusuri konten-konten yang ada dalam blog. Salah satu trik untuk mempermudah pengunjung agar lebih mudah mencari apa yang diinginkannya di dalam blog kita, sekaligus menghemat penggunaan halaman adalah dengan menyematkan fungsi scroll pada artikel.



Cara Membuat Scroll Blog Pada Postingan


Cara Membuat Scroll Pada Postingan Blog adalah salah satu trik untuk memodifikasi tampilan postingan blog sehingga bisa memaksimalkan ruang yang tersedia dalam elemen postingan tersebut.

Untuk memodifikasi tampilan blog baik tampilan halaman depan blog (tampilan homepage) maupun tampilan konten (tampilan halaman postingan/artikel) membutuhkan pemahaman mengenai beberapa fitur dan fungsinya. Selain itu juga diperlukan pemahaman mengenai kode baik kode CSS, kode HTML maupun kode script. 

Setiap template blog memiliki desain halaman yang berbeda. Selain desain halaman, perbedaan juga bisa terjadi pada ukuran.

Beberapa aspek tata letak dan ukuran halaman diantaranya yaitu lebar halaman, lebar header, lebar halaman utama, lebar sidebar, lebar footer, lebar widget dan beberapa macam lainnya. 


Cara Membuat Scroll Pada Postingan Blog di Blogspot


Untuk pengguna template blog dengan lebar halaman minim atau sempit (misalnya lebar halaman total 860px, dengan lebar sidebar 250px dan lebar halaman utama/konten atau postingan 580px), kadang-kadang sering memposting konten yang terlalu panjang.

Demikian juga dengan pemasangan widget. Kadang-kadang widget yang dipasang di blog ukurannya bisa terlalu tinggi atau terlalu lebar. Jika ukuran ini tetap dipaksakan untuk dipasang di sidebar atau tempat lainnya, berdampak pada tampilan blog itu sendiri.

Misalnya widget Popular Post dengan daftar artikel yang memiliki thumbnail/gambar disertai snippet (paragraf deskripsi singkat). Bila dipasang di sidebar dengan lebar yang sempit, sementara lebar maksimal widget tersebut lebih panjang dari sidebar itu sendiri, menyebabkan beberapa konten bisa keluar. Bisa gambarnya yang keluar atau daftar judul postingan melewati garis/border dari sidebar. 


Apa Itu Scroll Di Blog

Untuk mengakali agar konten panjang bisa dimaksimalkan dan berdampak pada kerapiannya, maka dibutuhkan scroll box. Scroll box atau scroll adalah salah satu style dari widget yang dikustomisasi menggunakan fungsi scroll. 

Kata fungsi dalam matematika bisa diartikan sebagai persamaan atau rumus. Tapi istilah fungsi dalam blog bisa diartikan sebagai efek. 


Cara Membuat Fungsi Scroll

Scroll merupakan alat yang mempermudah dalam hal menghemat sebuah bidang atau halaman. Dalam pengeritan sebenarnya scroll berarti 'gulung' atau 'menggulung'. Biasanya dilakukan untuk halaman yang isinya terlalu panjang dan lebih detil padahal pembaca ingin pengertian dan pemahaman yang lebih simpel terhadap konten yang dibuat scrollnya.

Agak sulit memang mengartikannya secara lebih detail dan terperinci. namun karena fungsi dalam blog bisa berarti efek, maka pengartian fungsi scroll dalam blogging dan desain blog bisa diartikan sebagai efek geser ke bawah dan ke atas (turun naik). 

Selain geser ke bawah dan ke atas, fungsi scroll juga bisa memberikan efek geser ke samping (ke kiri dan ke kanan). Sebagai contoh adalah halaman (sheet) dalam aplikasi Excel untuk pengolahan data. 

Selain gambar dan tulisan, kita bisa mengisi scroll box dengan kode script / html. Memasang scroll box sangat bermanfaat sekali bagi yang ingin membuat Linklist / blogroll agar panjang blogroll tersebut tidak membuat loading blog kita lambat.

Efek scroll dalam blogging memiliki manfaat dalam efisiensi dan mendayagunakan ukuran sidebar terhadap berbagai konten widget yang ditampilkan blogger.

Menulis postingan blog dan mengedit template di blogspot pasti menggunakan scroll. Tidak percaya ? Coba buka dashboard blogger anad, lalu masuk ke halaman entri baru atau new entri. Pada halaman kosong tersebut, terdapat elemen yang bisa naik dan turun seturut dengan bergesernya halaman edit postingan tersebut ke atas maupun ke bawah saat jari di mouse kita bergerak naik turun.

Ya, syarat fungsi scroll ini bisa digunakan dengan baik adalah apabila mouse kita memiliki alat scroll (benda bulat kecil di tengah mouse yang bisa diputar dengan jari untuk menggeser sebuah halaman naik atau turun). Benda bulat yang berfungsi sebagai scroll itu kini menjadi sangat penting karena sangat mempermudah mengakses semua aplikasi dan apapun kontennya. Contoh paling nyata adalah saat bermain game.


Bagaimana Membuat/Memasang Scroll Blog Di Blogger


Fungsi scroll bisa ditambahkan pada semua widget dan elemen, termasuk postingan. Namun instalasi atau pengaktifannya berbeda. Mengapa ? karena setiap elemen memiliki kode pemanggil yang berbeda, dan fungsinya juga berbeda. 


Langkah-Langkaha Membuat Scroll Pada Postingan Blog


Selain digunakan pada widget, fungsi scroll juga bisa diterapkan di halaman postingan blog. Sebagai contoh apabila kita mengedit postingan berupa daftar dan data, maka fungsi scroll ini sangat baik digunakan. 

Sebagai contoh, di blog Googelio ini penerapannya bisa dilihat pada artikel Cara Membuat Homepage Di Blog Hanya Judul Postingan. Pada postingan tersebut terlihat menggunakan scroll pada paragraf konten yang berisi kode HTML dan script. 

Baca Juga :



Cara membuat Scroll Pada Postingan blog di blogspot sangat mudah. Berikut adalah caranya.

Berikut adalah contoh penerapan efek scroll :

  1. Login ke blog anda
  2. Buat Entri Baru/ New Entri
  3. Kemudian Klik HTML, masukan (copy) kode di bawah ini:

<span><span style="font-style: italic;"><span style="font-style: italic;"><div style="height: 200px; width: 500px; font: 16px/26px Georgia,Garamond,Serif; overflow: scroll;">Masukkan Tulisan atau teks sobat disini
< /div></span></span></span>


Itu sedikit ulasan dan langkah-langkah membuat/memasukkan fungsi scroll pada postingan blog. Tapi perlu diingat, bahwa saat ini blogspot/blogger sudah didesain sedemikian rupa sehingga bisa diakses diperangkat mobile. Oleh karena itu perlu diperhatikan agar pembuatan scroll blog ini bersifat responsive, sehingga ukuran tinggi dan lebar bisa menyesuaikan ukuran mobile (hp dan tablet).

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
23/6/13 14:03 delete

makasi gan :)

Lumayan nambah2 ilmu :D
hehehe....



visit back
http://thalp0uz.blogspot.com/

Reply
avatar

"Berkomentar dengan sopan, tidak berbau SARA, Judi, dan pornografi | Komentar Spam auto delete"